Sabtu, 08 Desember 2012

PORT I/O


Port Input/Output atau lebih sering disebut Port I/O adalah saluran yang menghubungkan perangkat Input/Output dengan sebuah komputer.
Pada Port I/O sebuah motherboard terdapat beberapa macam port. Jenis-Jenis port I/O pada motherboard antara lain :


      1. Port Mouse PS/2
Port mouse PS/2 adalah port yang biasa digunakan untuk mouse jenis PS/2. Port ini berdampinan dengan Keyboard PS/2. Port untuk mouse PS/2 ini berwarna hijau.
2. Port Keyboard PS/2
Port Keyboard adalah port Input untuk keyboard dengan konektor PS/2. Port ini berwarna hijau.
3. Port Ethernet
Port Ethernet adalah port yang digunakan untuk menghubungkan kabel LAN (Local Area Network ) dengan komputer. Salah satu kabel yang masuk pada port ini adalah kabel UTP.
4. Port USB
Port USB adalah port yang menawarkan cara yang lebih baik untuk menghubungkan perangkat I/O (berkonektor USB) agar mampu berkomunikasi dengan komputer lebih cepat.
5. Port COM1
Port ini berjenis serial namun lebih dikenal dengan nama port COM. Biasanya pada setiap motherboard terdapat 2 port COM (COM1 dan COM2).
6.Port COM2
Port ini berjenis serial namun lebih dikenal dengan nama port COM. Biasanya pada setiap motherboard terdapat 2 port COM (COM1 dan COM2). Port serial ini biasanya digunakan untuk menghubungkan komputer dengan monitor.
7. Port Parallel
Port Parallel adalah port yang dapat digunakan bersama oleh perangkat komputer. Seperti contoh port ini dapat digunakan untuk printer namun juga bisa digunakan untuk untuk modem. Pada umumnya setiap motherboard memiliki 1 port parallel terdiri dari 26 pin.
8. Port Midi/Game
Port ini digunkan untuk menghubungkan komputer dengan perangkat game, seperti joystick. Port ini mendukung perangkat tambahan yang berhubungan dengan game.
9. Port Audio Line Out
Port audio ini berwarna hijau. Fungsinya menghubungkan komputer dengan speaker yang akan menghasilkan output suara dai komputer.
10. Port Audio Line In
Port audio ini berwarna biru. Berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan perangkat input suara.
11. Port Microphone
Port ini berwarna merah muda. Berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan perangkat input suara berupa Microphone.
Sumber : http://dhiahsweet.wordpress.com/2008/06/13/port-io-pada-motherboard/

Tidak ada komentar: